Traffic Saftey is no accident

Traffic Saftey is no accident. Pernyataan ini berarti bahwa keselamatan lalu lintas bukanlah suatu kebetulan yang secara serta merta datang dengan sendirinya. Keselamatan lalu lintas datang karena diupayakan oleh semua stakeholdernya baik itu regulator, pengemban fungsi pelayanan lalu lintas dan masyarakat sebagai pengguna jalan.
 Jadi untuk menciptakan keselamata lalu lintas diperlukan upaya "strategic planning" meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian dengan tujuan keselamatan lalu lintas tersebut. Untuk mewujudkannya juga tidak hanya dibebankan kepada polisi, keselamatan lalu linta ini dapat terwujud apabila ada kerjasama yang baik antara semua bidang terkait seperti Dishub, Bapeda, TNI, masyarakat, Dinas Pendidikan, Akademisi, dll. Bapedda merencanakan anggaran manajemen lalu lintas, akademisi mmemberikan saran dan kajian tentang lalu lintas, dinas pendidikan memberikan penerangan tentang cara berlalu lintas yang baik, polisi menertibkan pelaksanaan sesuai dengan kebijakan lalu lintas, dll. Dengan terjunnya semua bidang dengan upayanya masing-masing yang mendukung, maka keselamatan lalu lintas dapat terwujud.

isu global bagi dunia adalah “traffic accident prevention and reduction”. Ajakan ini menjadi isu yang diusung oleh seluruh dunia sehingga keselamatan lalu lintas dapat terwujud.  Untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas itu dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu pencegahan kecelakaan lalu lintas dan memperkecil angka kecelakaan lalu lintas. Caranya dengan cara menghilangkan faktor-faktor penyebab kecelakaan.

Definisi kecelakaan lalu lintas: Kejadian yang jarang, acak, dan terkait beberapa faktor yang mencerminkan sebuah operasi yang ideal dari kendaraan dan pengguna jalan dalam lingkungan lalu lintas tersebut. Kecelakaan terkait langsung dengan kondisi sarana jalan, lingkungan jalan, dan manajemen lalu lintas yang diterapkan.


Yang dilihat dalam statistik kecelakaan lalu lintas adalah rasio jumlah kecelakaan dibandingkan dengan pengingkatan komponen lainnya seperti penduduk dan jumlah kendaraan, bukan hanya banyaknya kecelakaan. Ukuran keberhasilan upaya keselamatan lalu lintas dapat dilihat dari berkurangnya rasio kecelakaan korban fatal dan luka.

Komentar

Postingan Populer