Kendala yang dihadapi dalam siskamling


Siskamling merupakan suatu kegiatan atau upaya untuk mencegah gangguan kamtibmas yang dikembangkan oleh Polri dengan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dan peduli serta meningkatkan kepekaan dan daya tangkal masyarakat terhadap masalah keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing. Selain untuk menjaga keamanan siskamling juga berperan sebagai ajang silaturahmi warga, dan dari silaturahmi itulah kemudian muncul kebersamaan untuk menangkal segala gangguan yang datang.
Namun semakin hari pelaksanaan siskamling mulai dilupakan. Kendala yang dihadapi dalam melaksanakan siskamling adalah:
o   Banyaknya kegiatan individu sehingga terkadang tidak dapat mengikuti waktu siskamling di malam hari.
o   Tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi menyebabkan banyak orang yang melaksanakan kerja melebihi waktu. Kondisi ini menyebabkan orang sudah terlalu lelah untuk kembali melaksanakan siskamling.
o   Masyarakat malas untuk datang berkumpul melaksanakan siskamling. Sifat individualistis dewasa ini semakin merebak di banyak lingkungan masyarakat.
o   Kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan masih rendah. Masyarajat masih meanggap bahwa keamanan adalah tugas polisi saja.
o   Pergeseran nilai budaya masyarakat yang mengesampingkan nilai gotong royong dan lebih memilih untuk mencari cara praktis. Dewasa ini masyarakat lebih memilih untuk membayar satpam daripada harus ikut datang dalam giat siskamling.
o   Tidak adanya dukungan dan dorongan dari pemerintah yang mendorong masyarakat untuk melaksanakan siskamling. Dirasakan bedanya di tahun-tahun yang lalu saat pemerintah gencar-gencarnya menggalakkan program siskamling.

Peluang siskamling:
o   Dengan siskamling warga dapat memonitor keadaan lingkungannya secara langsung. Dengan adanya patroli ini maka peluang orang untuk berbuat jahat di lingkungan tersebut akan semakin kecil.
o   Dapat menjadi ajang silaturahmi dan  berkumpulnya warga yang dapat mempererat hubungan warga masyarakat.
o   Forum siskamling dapat meningkatkan daya tangkal masyarakat terhadap gangguan kamtibmas karena dalam forum tersebut juga dapat dibahas masalah-masalah yang ada di wilayah tersebut.
o   Melalui siskamling warga dapat saling mengetahui kesulitan masing-masing sehingga melalui siskamling bisa juga dijadikan ajang saling bantu antar warga.
o   Dengan adanya siskamling maka akan memberikan kemampuan deteksi dini terhadap ancaman gangguan. Kemampuan deteksi dini dapat dicontohkan dengan mengetahui secara dini apabila ada orang asing yang menginap di lingkungan.

o   Dengan siskamling warga bisa saling mengingatkan apabila ditemukan keadaan yang mendukung terjadi kejahatan seperti pintu pagar yang belum dikunci, kendaraan yang belum dimasukkan di malam hari, wanita yang berjalan sendirian, dll.

Komentar

  1. Seiring makin sibuknya warga. Perlu petugas khusus siskamling.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer