Haddon Matrix

Kecelakaan lalu lintas adalah suatu kejadian yang bersifat jarang, acak/tidak bisa diprediksi dan disebabkan oleh banyak faktor dimana secara keseluruhan hal tersebut mempengaruhi dan menyebabkan suatu kecerobohan atau kesalahan dalam mengoperasionalkan kendaraan secara ideal dan faktor manusia selaku operatornya diatas jalan dan lingkungannya/semuanya faktor tersebut merefleksikan bagaimana kemampuan manusia selaku operator untuk besinergi dengan kendaraan, jalan dan lingkungannya.

Haddon matrik adalah Matrik yang digunakan dalam melihat faktor-faktor penyebab suatu kecelakaan lalu lintas yang dibagi kedalam waktu sebelum terjadinya kecelakaan, saat terjadi kecelakaan dan setelah terjadinya suatu kecelakaan lalu lintas:

Contoh faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas:
1. Sebelum terjadinya kecelakaan lalu lintas;
  • faktor manusia :                    
–        pandangan pengemudi,                                      
–        pengaruh alkohol
–        pengalaman dan pengmbilan keputusan
–        lama waktu mengemudi
  • kendaraan:
–        sistem pengerman
–        pusat grafitasi, muatan sumbu utama
-        kontrol kecepatan
  -      karakteristic muatan
  • lingkungan:
–        bahaya yang terlihat
   -     keadaan jalan dan kemiringan
      -  kontur koefisin permukaan
-        persimpangan dan akses kontrol
  • lingkungan sosial ekonomi
-        sikap
-     hukum yang berkaitan dengan pengemudi
-       batas kecepatan

  • luka
–      upaya pencegahan
           
2. saat terjadinya kecelakaan
  • faktor manusia :                    
–        penggunaan sabuk keselamatan                                
–        penggunaan hem                                                                                      
  • kendaraan :                    
–        kapabilitas kecepatan                           
–        ukuran kendaraan
–        penempatan, kekerasan dan ketajaman kontak permukaan
  • faktor lingkungn fisik :
–        area istirahat
–        karakterstk objek yang nyata
–        Median pelindung/pembatas
–        batas kecepatan

  • lingkungan sosio ekonomic
-       sikap dan lingkungan hukum

3. setelah terjadinya kecelakaan

  • faktor manusia:                                
–        umur                                       
–        keadaan fisik
  • faktor kendaraan:                    
–        integritas sistem pembakaran
  • faktor lingkugnan fisik :
–        sistem komunikasi darurat
–        jarak dan kualitas pelayanan kesehatan darurat
-        program rehabilitasi     
  • faktor sosial ekonomis:
–        pendukung dan sistem perawatan luka/trauma

-          pelatihan personel EMS

Komentar

Postingan Populer