Ciri-ciri administrasi Negara menurut Miftah Thoha (2008)
1). Pelayanan yg diberikan oleh administrasi negara
bersifat urgen (penting) jika
dibandingkan dengan organisasi-organisasi swasta. Bersifat penting
karena menyangkut kepentingan semua lapisan masyarakat. Jika pelayanan tersebut
diserahkan ke pihak swasta maka pelayanan tersebut tidak dapat berjalan dengan
baik karena organisasi swasta biasanya berorientasi kepada keuntungan bukan
pelaanan masarakat yang non profit. Contoh : Pelayanan lalu lintas yang
dilakukan di jalan raya dan pelayanan pengungkapan kejahatan reserse.
2). Pelayanan yg
diberikan oleh administrasi negara pada umumnya bersifat monopoli atau semi
monopoli. Artinya bahwa ada beberapa
bidang yang pelaksanaannya dikendalikan hanya oleh negara demi terjaganya
standar pelayananan dan demi keamanan negara. Karena standar keamanan ini tidak
boleh dicampuri dengan muatan untuk mencari keuntungan seperti yangv ada di
organisasi swasta. Contoh : Pelayanan penerbitan SIM, Pelayanan SKCK,
penerbitan izin keramaian.
3). Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat administratir negara mengacu kepada UU dan
peraturan. Faktor inilah yang seringkali menghambat administrator negara untuk melakukan inovasi karena dalam
melaksanakan tugasnya harus sesuai dengan koridor yang cenderung statis.
Apabila ingin merubah peraturan yang menjadi acuan maka prosedur yang ditempuh
lebih panjang dibandingkan dengan sektor swasta yang prosedurnya cenderung
dinamis sesuai dengan kondisi pasar. Hal inilah yang menyebabkan perkembangan
pelayanan administrator negara lebih lambat berkembang daripada sektor swasta.
Contoh : Apabila ingin melakukan inovasi dalam identifikasi kejahatan secara
scientific maka kita tidak bisa secara langsung membeli alat-alat yang
dibutuhkan. Perlu adanya perencanaan dan kajian tentang keinginan tersebut
kemudian barulah dimasukka ke anggaran di tahun selanjutnya. Kegiatan kita tahun
ini hanya bisa mengikuti apa yang sudah disetujui oleh APBN.
4). Pelayanan yang diberikan tidak dikendalikan oleh
pasar. Pelayanan ini berbeda dengan pelayanan yang dimiliki oleh sektor swasta
dimana kegiatannya dikendalikan oleh pasar secara dinamis. Swasta cenderung
tidak melakukan kegiatan yang sekiranya tidak memberikan keuntungan kepada
pihaknya. Contoh : Polri mengirimkan pasukannya untuk ikut membantu memadamkan
kebakaran yang ada di Kalimantan dan Sumatra, secara ekonomis itu adalah
kegiatan yang merugikan namun karena core business Polri adalah pelayanan
masyarakat maka Polri tetap harus melaksanakannya.
5). Usaha-usaha yg dilakukan oleh administrasi negara
sangat tergantung pada penilaian rakyat. Sukses atau tidaknya suatu administrator
negara bergantung pada penilaian masyarakat terhadap pelayanan yang
dilaksanakannya. Contohnya: Kepolisian membuat suatu layanan Samsat Keliling /
Samsat Drive Thru untuk memudahkan mekanisme dalam pelayanan kepada masayarakat
tersebut, dengan memaksimalkan pelayanan diharapkan penilaian masyarakat kepada
Polri akan semakin positif.
tks brother...
BalasHapusadimakayasa AH
you're welcome brother :)
HapusAdministrasi publik tidak bisa di lepaskan dari proses politik
BalasHapusJelaskan dan contohnya