Ciri Sistem Kepolisian Perancis

Ciri Kepolisian Perancis:
1.    Bentuk Negara republic, kedaulatan di tangan rakyat, struktur pemerintahan sangat terpusat, tugas polisi adalah  : melindungi harta bendan dan pemiliknya , memelihara dan membina tegaknya hukum dan ketertiban serta keamanan Negara
2.    Sistem Kepolisian Perancis terdiri dari 3 komponen utama yaitu : polisi keamanan nasional (surete nationale), gendarmeri nasional (gendarmeri nationale), dan prefecture police (polisi paris dan provinsi seine).
3.    Dalam polisi keamanan nasional ada badan namanya kawalan keamanan republik yang merupakan badan sipil yg diorganisir secara militer. Badan ini berbentuk kompi-kompi dengan kekuatan 200 personil yang merupakan satuan cadangan strategis yg mobile.
4.    Mempunyai satuan kepolisian yang dinamakan Gendarmeri Nasional yang bersifat dualistic (sipil dan militer). Gerdarmeri menangani penyidikan kejahatan sekaligus mengawasi anggota angkatan bersenjata. Tugas utamanya adalah melakukan pengamanan daerah pedalaman termasuk kota kecl dan desa.

5.    Kelemahan sitem kepolisian terpusat perancis adalah kontrol pemerintah pusat yang terlalu kuat sehingga masyrakat menjadi kurang puas akan kinerja polisi nasional.

Komentar

Postingan Populer